CENDAWAN PENDUNG

PUSAT PENGEMBANGAN, PEMBIBITAN & BUDIDAYA JAMUR EDIBLE

Profil

CENDAWAN PENDUNG KOTA SUNGAI PENUH & KABUPATEN KERINCI

Secara umum berdirinya Cendawan Pendung didasarkan pada sebuah kenyataan bahwa masih banyak potensi Agro di daerah berhawa sejuk yakni Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci di Jambi yang belum tertangani secara optimal dan memadai yang mengarah kepada kegiatan berorientasi agribisnis dan agro industri.

Diantara potensi Agrobisnis tersebut berupa Kulit Manis, Kopi, Kentang, Cabe, Sayur-sayuran, Rempah-rempah dan lain-lain. Adapun secara khusus berdirinya Cendawan Pendung sebagai respon terhadap semakin tingginya minat petani dalam pembudidayaan jamur sementara kurangnya petani yang memahami tata cara pembudidayaan jamur tersebut, terutama di wilayah Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci di Jambi.

Berawal dari hal tersebut, maka atas inisiatif dan keinginan yang kuat dari Wendy Deciptra, S. Sn, salah seorang petani jamur dari Kota Sungai Penuh yang pertama kali mengembangkan Laboratorium Pembibitan dan Budidaya Jamur Edible serta kemitraan Jamur Ling Zhie di Propinsi Jambi maka berdirilah Cendawan Pendung sebagai tempat Percontohan, Pelatihan dan magang khususnya dalam cara berbudi daya jamur bagi petani yang berorientasi ke arah Agribisnis dan Agro industri yang sederhana dan tepat guna.

VISI

  1. Sebagai tempat Percontohan, Pusat Pengembangan dan Pelatihan Agribisnis   (PPA) bagi petani, khususnya petani jamur.
  2. Sebagai mediator / jembatan antara petani dengan para ahli dan peminat di bidang Pertanian baik secara perseorangan maupun instansi atau kelembagaan untuk berbagi informasi dan pengalaman.

MISI

  1. Terwujudnya pemberdayaan masyarakat khususnya petani melalui kegiatan usaha agribisnis jamur di Kota Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci Jambi khususnya dan Indonesia pada umumnya.
  2. Terwujudnya jalinan kerjasama yang harmonis, sejajar, professional dan saling memberi manfaat dalam beragribisnis jamur baik dengan pola mitra mandiri maupun inti plasma.

TUJUAN

  1. Memberikan pembelajaran kepada pelaku usaha agribisnis khususnya petani jamur di pedesaan tentang cara beragribisnis jamur secara baik, benar dan sederhana tetapi tepat guna.
  2. Memberikan wacana baru tentang cara bertani di pedesaan kearah yang lebih maju baik secara pola pikir maupun teknologi yang di kembangkan.
  3. Membangun dan menjembatani kerjasama antara petani jamur dengan berbagai pihak untuk mendukung usahanya baik pemerintah, swasta, perbankan maupun lembaga peneliti.
  4. Mendorong munculnya petani yang handal yang berorientasi kearah Agribisnis dan Agro industri untuk kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

KEGIATAN DAN USAHA

 

Cendawan Pendung memiliki beberapa unit kegiatan dan usaha dalam rangka mendukung terwujudnya visi dan misi sebagai Pusat Pengembangan dan Pelatihan Agribisnis Jamur di Kota Sungai Penuh & Kabupaten Kerinci

UNIT KEGIATAN JASA

Program Percontohan

Kegiatan atau program percontohan ini diadakan Cendawan Pendung dalam rangka memberikan gambaran cara beragribisnis jamur dari hulu hingga hilir secara sederhana bagi para petani atau calon pelaku agribisnis jamur dalam mendorong rencana usahanya mulai dari proses kultur jaringan hingga pengolahan jamur siap konsumsi.

Penelitian dan Pengembangan

Kegiatan ini diadakan Cendawan Pendung secara berkelanjutan dalam rangka mendapatkan hasil kajian yang terbaik untuk dapat dikembangkan pada masa mendatang oleh petani atau pelaku usaha dalam bidang agribisnis jamur.

Pelatihan dan Magang

Kegiatan ini juga diadakan Cendawan Pendung dalam rangka memberikan pembelajaran, pelatihan dan magang dalam bidang agribisnis jamur edibel sehingga petani atau calon pelaku agribisnis jamur dapat mengembangkan kegiatan usahanya sesuai dengan cara beragribisnis jamur yang baik dan benar. Dalam kegiatan ini Cendawan Pendung senantiasa menyelenggarakan “Pelatihan dan Magang Dalam Bidang Agribisnis Jamur setiap saat untuk peserta Privat atau Kelompok.

UNIT KEGIATAN USAHA / PRODUKSI

Produksi Benih jamur Kulturjaringan

Kegiatan usaha ini meliputi produksi benih F-1 (benih awal), F-2 (benih induk) dan F-3 (benih tebar) melalui kulturjaringan spora dan tubuh buah jamur.

Produksi benih F-4 (benih siap tanam)

Kegiatan usaha ini dilakukan Cendawan Pendung dalam rangka selain memenuhi kebutuhan untuk budidaya sendiri juga untuk melayani pesanan petani jamur yang belum dapat memproduksi benih sendiri.

Pemasaran Jamur

Kegiatan ini dilakukan Cendawan Pendung dalam rangka memberikan jaminan kepastian pasar terhadap petani jamur sehingga petani dapat focus produksi dan tidak ada kekhawatiran terhadap jamur pasca panen sebab Cendawan Pendung membeli kembali hasil panen jamur petani, khususnya mitra tani Cendawan Pendung yang membudidayakan Jamur Ling Zhie (Ganoderma lucidum).

UNIT KEGIATAN LITBANG PRODUK JAMUR LING ZHIE

Dalam kegiatan penelitian dan pengembangan produk jamur, khusunya jamur Ling Zhie (Ganoderma lucidum) Cendawan Pendung akan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak Khususnya yang tergabung dalam kemitraan sebagai bentuk kegiatan implementasi IPTEK yang salah satunya bertujuan untuk pengembangan industri, Inkubasi Usaha Kecil dan Menengah dan pengembangan produksi skala terbatas khususnya yang berbasis pemanfaatan sumber daya lokal suatu kawasan. Salah satu bahan lokal yang diimplementasikan oleh Cendawan Pendung adalah jamur Ling Zhie.

RENCANA PENGEMBANGAN

Mejadikan Cendawan Pendung sebagai referensi bagi berbagai pihak untuk bersama –sama mengembangkan dan meningkatkan kualitas berbagai jenis jamur dan strain jamur edibel melalui penelitian dan pengkajian yang seksama sehingga dapat bersaing dengan benih jamur dari Negara lain.

Cendawan Pendung sebagai sentra wisata dalam bidang agribisnis jamur Indonesia dan turut serta mempertahankan  Kota Sungai Penuh, Kerinci khususnya dan Propinsi Jambi pada umumnya sebagai sentra industri jamur edibel, terutama jamur kuping, jamur Ling zhie jamur Tiram dan jamur Shiitake yang selama ini telah melekat pada image masyarakat jamur di Indonesia.

Terwujudnya Laboratorium  kultur jamur Cendawan Pendung yang lebih standar dan baik serta terwujudnya sarana maupun prasarana pendukung lainnya untuk lebih memperlancar kegiatan operasional dan belajar mengajar yang lebih representatif dan kondusif. Seperti ruang pertemuan, ruang pelatihan, ruang ibadah dan lain sebagainya.

Cendawan Pendung Berusaha untuk lebih meningkatkan kerjasama dengan berbagai lembaga atau instansi yang berminat, terutama yang terkait dalam rangka pemberdayaan masyarakat, khususnya petani jamur dan petani di Sungai Penuh pada umumnya.

Iklan

4 Tanggapan to “Profil”

  1. pasha said

    Ng… profilnya mana, ya?

  2. pasha said

    Ng… profilnya mana, ya? Kok ga bisa kebuka? Atau memang belum ada.

  3. Laununa said

    Maaf, Karena kesibukan kita belum sempat update Artikel dan membalas komentar2 yang masuk dalm blog ini. Terima kasih atas komentarnya, Kritik dan saran demi kemajuan dunia kesenian kita sangat diharapkan. Terima kasih dan Salam Hangat dari Sungai Penuh.

  4. syafnil said

    alu apakabar ada alamat YM dak… buka kirim email ke gue
    http://www.bintangvideo.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: