CENDAWAN PENDUNG

PUSAT PENGEMBANGAN, PEMBIBITAN & BUDIDAYA JAMUR EDIBLE

Jamur Tiram : Budidaya Jamur Tiram di Daerah Panas Bisakah?

Posted by Cendawan Pendung pada 5 Desember 2010


Psilocybin Mushroom Handbook: Easy Indoor and Outdoor CultivationUsaha atau bisnis budidaya jamur tiram memang cukup menggiurkan baik dalam skala kecil maupun besar. Dilihat dari analisa finansial dapat dikatakan usaha ini layak untuk dijalankan. Apalagi bagi yang senang dengan agrobisnis atau para hobiis ataupun wirausahawan, usaha ini cukup menyenangkan dan menarik, bagi saya sendiri bisa untuk refresing ditengah-tengah pekerjaan rutin. Jika kita amati, peminat usaha budidaya ini terus meningkat dari tahun ke tahun. Tentu saja banyak faktor yang menjadi alasan meningkatnya peminat usaha ini mulai dari sekedar hobi, faktor jamur sebagai pangan yang sehat ataupun jamur sebagai pangan masa depan. Itu artinya usaha ini akan terus berkembang untuk waktu yang lama.
Tapi sebagaimana umumnya sebuah usaha bukan berarti tanpa kendala begitu juga dengan usaha budidaya jamur tiram. Apalagi usaha ini, bagaimanapun juga melibatkan makhluk hidup (jamur tiram). Berbeda dengan kalau kita bekerja dengan benda mati, bekerja dengan makhluk hidup tentunya lebih rumit dan terkadang sulit untuk ditebak karena kondisinya yang bisa berubah ubah. Oleh karena itu ada sifat sifat makhluk hidup yang sebisa mungkin harus kita kenali tidak terkecuali jamur tiram. Salah satu yang harus diperhatikan ialah faktor lingkungan dimana jamur tiram dapat tumbuh dengan sehat yaitu berupa ketinggian lokasi, suhu, kelembapan, dan aerasi.
Dalam kesempatan ini coba saya bahas mengenai usaha budidaya jamur tiram didaerah panas. Apakah usaha ini bisa dilakukan diluar habitat aslinya, diluar kondisi optimum jamur tiram tumbuh, didaerah yang secara alamiah berbeda dengan syarat-syarat tumbuh jamur tiram? Bisakah usaha ini dilakukan atau dikembangkan didaerah yang panas?
Dari pengalaman yang pernah saya lakukan dan sudah diimplementasikan sampai sekarang di Purwakarta-Jawa barat maka jawabannya adalah BISA. Ini adalah kabar gembira bagi yang tertarik budidaya jamur tiram tapi terkendala karena daerahnya panas. Kondisi lingkungan panas dapat kita siasati dengan berbagai cara. Cara yang paling mudah adalah dengan memasang AC (bukan Air Conditioneer tapi Air Cooled) didalam kumbung! Yup’s setuju bahwa cara di atas tapi masih ada kendala untuk mengatur kelembabannya dan cara ini hanya bisa digunakan untuk usaha skala besar dengan budget yang besar pula. Untuk skala rumah tangga dan menegah tentunya kurang effisien. Berikut ada beberapa tips atau cara untuk menyiasati dengan menggunakan cara-cara sederhana dan tentunya budget yang rendah.
Beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan diantaranya
• Membuat sirkulasi udara kumbung yang bisa dibuka dan tutup, dimana pada siang hari senaiknya ditutup dan dibuka pada malam hari. Karena bagaimanapun jamur tiram tetap memerlukan sirkulasi udara yang cukup.
• Atap kumbung dipakai bahan yang tidak menyerap panas misalnya dari bilik atau atap rumbia. Kalau terpaksa tetap menggunakan atap yang menyerap panas, bisa dipasang plafon dibawah atap untuk menahan udara panas dari luar. Dan membuat bangunan kumbung yang lebih tinggi dari biasanya yang 3 meter menjadi 4 meter.
• Meletakkan beberapa tong/wadah air di dalam kumbung untuk membantu meningkatkan kelembapan ruangan, bisa juga untuk meningkatkan pendapatan digunakan system tumpang sari dengan membuat kolam didalam kumbung dan untuk memelihara ikan. Atau tong-tong tadi bisa juga buat memlihara belut…hehehe
• Banyak menanam pohon-pohon besar (perdu) disekitar kumbung sehingga bisa mengurangi udara yang panas.
• Mengatur kepadatan kumbung, sebaiknya maksimal 70 baglog ukuran 1.5 kg per meter persegi.
• Tentunya perawatannya juga kebih extra dibanding kalau budidaya didaerah yang dingin, misalnya dengan melakukan penyiraman yang lebih sering. Ya…minimal 3 kali sehari untuk menjaga kelembaban tetap stabil.
Rasanya seperti itu solusi-solusi yang bisa diimplementasikan. Apabila masih ada kekurangannya mohon maaf dan kami tetap berusaha untuk membuat inovasi-inovasi baru demi majunya usaha yang kami lakuakn khususnya dan bagi para petani jamur tiram umumnya…
Apabila ada rekan-rekan pengusaha lain yang sudah menemukan cara atau solusi yang lebih efektif mungkin bisa memberi masukannya dengan mengisi komentarnya disini…

Semoga bermanfaat…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: