CENDAWAN PENDUNG

PUSAT PENGEMBANGAN, PEMBIBITAN & BUDIDAYA JAMUR EDIBLE

Jamur Tiram: Menu Favorit Vegetarian

Posted by Cendawan Pendung pada 16 Oktober 2010


Salah satu makanan favorit untuk seorang vegetarian adalah jamur. Dan ada banyak jamur untuk dijadikan pilihan menu pengganti daging, yang tentu saja nggak kalah lezatnya. Salah satunya jamur tiram, yang banyak banget manfaat, khasiat plus kandungan nutrisinya. Jamur tiram ini biasa disebut oyster mushroom, memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin B2, vitamin B1, fosfor, besi, kalsium, karbohidrat, dan protein. Untuk kandungan proteinnya, lumayan cukup tinggi, sekitar 19-35 %. Jamur ini bisa dimasak dengan berbagai variasi menu bahan masakan, rasanya yang khas dan lezat membuat raja Mesir jaman dulu menyebutnya sebagai makanan dewa. Khasiat dari jamur tiram ini bisa mengurangi kolesterol dan jantung lemah serta beberapa penyakit lainnya.
Jika kita membeli jamur dalam bentuk segar, ada baiknya segera dimasak, atau simpan maksimal 1 hari saja didalam lemari es, karena jamur tiram ini mengandung banyak air, sehingga mudah busuk. Pastikan saat membeli warnanya masih putih bersih, teksturnya kering dan baunya tidak apek. Jika warnanya sudah agak kecoklatan, maka jamur tersebut sudah tidak layak konsumsi, dan jika dimasak rasanya dan aromanya tidak sedap. Jamur tiram ini bisa dimasak untuk campuran cap jay, cahjamur, sayur asem, sayur bening, oseng-oseng, pepes botok, bakmi dan jamur goreng.

Koloke JamurBerikut tips membuat koloke jamur tiram goreng, yang bisa dicoba didapur anda. Ambil 1 bungkus jamur tiram, cuci bersih dan peras, kemudian cincang halus. Protena kira-kira 1 sdm rendam dalam air panas, jika sudah mengembang, peras dan cuci, kemudian cincang halus. Campurkan jamur tiram dan protena yang sudah dicincang, aduk hingga rata, lalu tambahkan 3 sdm tepung, 1 sdt garam, penyedap mokucing 1 sdt, dan air sedikit saja, kira-kira 50 ml. Setelah semua tercampur rata, bentuk bulat-bulat dengan 2 sendok makan, dan goreng dengan api sedang hingga kecoklatan.

Untuk saosnya bisa digunakan saos botolan atau kreasi buatan sendiri. Caranya, siapkan 5 sdm saos tomat botol, maizena 1 sdt larutkan dalam 200ml air, garam, gula, penyedap, nenas, wortel dan timun secukupnya iris sesuai selera, bawang bombay 1 buah (cincang halus). Siapkan minyak, lalu tumis bawang bombay hingga harum, masukkan saos tomat, aduk, masukkan nenas, timun dan wortel aduk-aduk hingga sediit layu, lalu masukkan maizena yang sudah dilarutkan dengan air, aduk lagi. Tambahkan garam, penyedap mokucing, dan gula pasir, aduk hingga semua tercampur rata. Angkat dan dinginkan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: