CENDAWAN PENDUNG

PUSAT PENGEMBANGAN, PEMBIBITAN & BUDIDAYA JAMUR EDIBLE

JAMUR LING ZHI

Posted by Cendawan Pendung pada 14 Februari 2010


JAMUR LING ZHI
BOTANI

Nama : Jamur Ling Zhi
: Ganoderma lucidum
: Reishi mushroom

Merupakan salahsatu anggota kelompok jamur ganoderma yang beranggota sekitar enampuluhan jenis jamur. Dikenal sejak lebih dari seribu tahun lalu sebagai jamur obat dalam sejarah ilmu kesehatan cina. Diantara jenis jamur ini ada yang tudungnya berwarna kuning, merah, ungu dan hitam. Namun yang paling luas penggunannya adalah red reishi.

Bentuk tudungnya melebar. Salahsatu sisi berwarna coklat kemerahan sisi lainnya yang berwarna putih merupakan bagian yang mengandung spora. Dengan rekayasa budidaya bentuknya bisa berkembang menyerupai ranting kayu kering bercabang cabang. Seringkali nampak mirip tanduk rusa.

Di habitat alaminya jamur ini tumbuh baik di wilayah hutan subtropics ketika cuaca sedang hangat dan basah. Tumbuh pada kayu kayu lapuk sebagai jamur saprofit.

KANDUNGAN

Mengandung asam ganoderik sebagai cirri khas jamur ganoderma. Berkhasiat menurunkan kolesterol darah dan mengencerkan darah. Selain itu juga terdapat gugus polisakarida yang spesifik, berkhasiat menghambat pertumbuhan sel kanker, meningkatkan kekebalan tubuh serta mempercepat pemulihan stamina setelah sakit. Riset terakhir juga menemukan bukti bahwa konsumsi jamur ling zhi dapat meningkatkan kadar oksigen terlarut dalam darah. Tak heran jika jamur ini termasuk diunggulkan sebagai herbal untu kesehatan, kekuatan dan ”umur panjang”

BUDIDAYA

Media tanam berupa serbuk gergaji kayu keras, serutan, serpihan kayu keras yang telah direndam air selama 1 – 2 hari. Tiriskan kemudian campur dengan bekatul dan kapur. Dapat pula ditambahkan bungkil kedelai. Fermentasikan campuran ini selama 3 – 4 hari. Selanjutnya wadahi dalam plastik tahan panas. Berat media per kantong kira-kira 1500 gram.

Pasteurisasikan media dengan cara mengukus selama 2 – 3 jam hingga mencapai suhu 90 – 100 Celsius. Dinginkan lalu taburkan bibit pada bagian atas media. Pasang cincin paralon pada ujungnya. Tutup lubang paralon dengan penyumbat kapas. Simpan media ini pada suhu 18 – 22 Celsius dan RH 80 -90%.

Setelah seluruh bagian media ditumbuhi miselium jamur, buka penyumbat kapas. Angin anginkan dan lakukan pengabutan ruangan tiap hari. Setelah 3 minggu calon jamur mulai tumbuh. Ukuran maksimal biasaya tercapai setelah 2 – 3 minggu.

PEMASARAN

Ling zhi dipasarkan sebagai jamur obat. Dijual setelah dikeringkan, dalam bentuk utuh, irisan, serpihan halus, kapsul, maupun sirup. Biasanya dikonsumsi dengan cara diseduh seperti teh, direbus, atau dalam bentuk kapsul telan. Rasanya sedikit getir.

Sumber: dari berbagai sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: