CENDAWAN PENDUNG

PUSAT PENGEMBANGAN, PEMBIBITAN & BUDIDAYA JAMUR EDIBLE

JAMUR ITU ENAK DAN SEHAT

Posted by Cendawan Pendung pada 12 Februari 2010


Jamur kaya akan berbagai jenis vitamin, antara lain B1 (thiamine), B2 (riboflamin), niasin, dan biotin.
Selain elemen mikro, jamur mengandung berbagai jenis mineral, antara lain K, P, Ca, Na, Mg, dan Cu. Hebatnya, jamur terbukti ampuh melawan HIV, kolesterol, gula darah, kanker, dan afrosidiak.
Dari hasil penelitian, rata-rata jamur mengandung 14-35% protein. Dibandingkan beras (7,38%) dan gandum (13,2%), ia berkadar protein lebih tinggi. Asam amino esensial yang terdapat pada jamur kurang lebih ada 9 jenis dari 20 asam amino yang dikenal. Istimewanya lagi, 72% lemaknya tidak jenuh (unsaturated).

Jenis-jenis jamur :
A. Jamur Edible :
1) Jamur tiram putih (Pleurotus Florida)
2) Jamur tiram merah (Pleurotus Flatellatus)
3) Jamur tiram coklat (Pleurotus Cycstidiosus)
4) Jamur kuping (Auricularia Polytrica)
5) Jamur shii take (Lentiunue Edodes)

Jamur edible merupakan jenis jamur pemanfaatannya seperti sayur-mayur, dapat dimasak dengan menggunakan berbagai resep. Bisa dijadikan keripik jamur untuk snack. Jenis ini terdiri atas jamur tiram putih (Pleurotus florida), tiram coklat (Pleurotus cycstidiosus), tiram merah (Pleurotus flatellatus), jamur kuping (Auricularia polytrica), dan jamur shiitake (Lentinus edodes). Jamur-jamur jenis inilah yang banyak diminati konsumen, terutama jamur kuping yang banyak dihidangkan untuk sup/ capcay dll di restoran-restoran.yang memiliki rasa sangat lezat dan banyak mengandung protein nabati dan zat zat yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Sementara itu, khasiat jamur shiitake (Lentinula edodes) sebagai anti kanker sudah diakui Jepang, Amerika, dan E. Ekstrak shiitake memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan tumor antara 72-92%. Selain shiitake, maitake (Grifola frondosa) juga berpotensi menyembuhkan kanker dan menekan pertumbuhan virus HIV

B. Jamur Non Edible
Jamur ling-zhi (Ganoderma Applannatum) Merupakan jenis jamur yang tidak enak di makan namun mempuyai khasiat untuk ramuan obat. Di Indonesia di kenal jamur ling-zhi ( bahasa China berarti pohon kehidupan) atau jamur Rei-Shi ( bahasa Jepang berarti jamur spiritual, yang mendatangkan keberuntungan). Jamur non-edible yang sering disebut sebagai “jamur kayu”, digunakan sebagai suplemen dan bahan obat-obatan. Jenis ini juga sering disebut dengan nama jamur ling zhi (bahasa China, berarti “pohon kehidupan”), atau jamur rei shi (bahasa Jepang, berarti “jamur spiritual”). Jamur lingzhi disebut juga dengan sebutan “Raja Herba”. Lingzhi juga dikenali oleh pakar pengobatan di China sebagai pemberi khasiat yang sangat bernilai dan makanan herba dengan kemampuan pemulihan dan penyehatan yang sangat hebat. Lingzhi dapat membantu meningkatkan fungsi hati, menguatkan sistem pertahanan badan, memperbaiki sistem kardiovaskular dan tekanan darah, membuang toksin, mempunyai kasiat analgesik serta anti-keradangan, melambatkan proses penuaan dan lain-lain. Empat kandungan utama bagi lingzhi : Komponen polisakarida, germanium, komponen triterpenoid dan komponen nukleosida. Di samping empat kandungan utama ini, lingzhi juga mengandung protein dengan 17 jenis asam amino, alkaloid, protein kacang soya, sterol, inti kumarik, glikosida, vitamin, enzim dan 13 jenis mineral. Mempunyai kandungan zat yang tidak ternilai dan sangat diperlukan untuk kesehatan manusia.

1) Germanium Organik,
• Meningkatkan penyerapan oksigen dalam darah, memberi sel dengan oksigen yang mencukupi
• Meningkatkan daya tahan tubuh.
• Meningkatkan sistem pertahanan badan (imunitas)
• Merangsang metabolisme sel, melindungi sel dari oksidan-oksidan.
• Membersihkan darah dan menguatkan arteri
2) Polisakarida,
• memperbaiki sistem pertahanan badan
• Menguatkan fungsi hati
• Aman digunakan dalam jangka masa panjang
3) Komponen Triterpenoid, mengandung lebih daripada 100 unsur pemanfaatannya untuk membantu :
• Anti alergi dan keradangan
• Membantu merendahkan kadarkolestero
• Merangsang peredaran darah
• Baik untuk kesehatan usus
4) Komponen Nukleosida, Adenosin adalah bahan utama dalam komponen nukleosida pemanfaattannya sebagai :
• Ia dapat menghalang pembekuan platlet darah dan membersihkan trombus
• Merangsang peredaran darah

Sumber : Dari berbagai sumber

Iklan

2 Tanggapan to “JAMUR ITU ENAK DAN SEHAT”

  1. Has anyone used Dynamiclear for herpes outbreaks? I see it advertised and want to try it if it will work. Please let me know.

  2. Has anyone used Dynamiclear for herpes or HPV outbreaks? I see it advertised and want to try it if it will work for me. Please let me know if it helped your condition.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: