CENDAWAN PENDUNG

PUSAT PENGEMBANGAN, PEMBIBITAN & BUDIDAYA JAMUR EDIBLE

Uniknya Goresan Pelukis

Posted by Cendawan Pendung pada 20 Maret 2009


Friday, 20 March 2009
diposting dari http://www.lukisanlukisan.com

Lukisan adalah salah satu karya seni rupa yang sangat popular untuk dinikmati bahkan untuk dijadikan koleksi. Lukisan terdiri dari berbagai aliran yang muncul berdasarkan ekspresi lukisan itu se

Lukisan adalah salah satu karya seni rupa yang sangat popular untuk dinikmati bahkan untuk dijadikan koleksi. Lukisan terdiri dari berbagai aliran yang muncul berdasarkan ekspresi lukisan itu sendiri. Di Indonesia sudah banyak pelukis yang sudah diakui oleh dunia internasional. Salah satu yang sangat terkenal adalah alm Raden Saleh. Beliau adalah pionernya pelukis di Negara ini.

Raden Saleh sudah menjadi langganan Governor-governor Belanda pada masa itu. Tapi bukan berarti beliau serta-merta hanya terorientasi pada penjajah kala itu. Salah satu karyanya yang terkenal adalah penangkapan Pangeran Diponegoro. Karya tersebut ternyata memiliki keunikan tersendiri, karena jika diperhatikan maka akan terlihat parodi yang ingin ditampilkan oleh sang pelukis. Yaitu pemakaian karakter wajah sang pelukis pada wajah-wajah pengikut Sang Pangeran Diponegoro (digambarkan dengan menggunakan wajah Raden Saleh).

Karya beliau yang sangat fenomenal dan menjadi salah satu lukisan favorit adalah pertarungan antara Banteng dengan Harimau. Raden Saleh terlihat sebagai pelukis yang masih menggunakan aliran Barat Surealis. Sehingga anda akan melihat beberapa kesamaan goresan antara beliau dengan beberapa pelukis terkenal internasional seperti Rembrant atau Leonardo Da Vinci.

Hal itu menjadi kewajaran, karena aliran tersebut sangat terkenal pada masa itu. Hal ini berkaitan dengan pangsa Pasar yang ada, yak karena melukis memang tidak serta merta menuangkan segala idealistis pelukisnya. Seperti jika kita menjual produk atau membuat produk, maka kita harus mengikuti permintaan pasar agar karya tersebut dapat dinikmati sang kolektor dan rupiah mengalir kepada sang senimannya sendiri.

Realistis bukan?apabila pelukis juga manusia yang butuh makan, pakaian dan semua kebutuhan pokok hidup yang layak. Jangan sampai suatu idealisme membunuh seniman itu sendiri. Setidaknya idealisme dapat dituangkan setelah pangsa pasar lukisan sudah berjalan dengan bagus.

Kembali ke pokok judul di atas. Meskipun Raden Saleh memiliki style yang sama dengan seniman-seniman barat tersebut, akan tetapi beliau akan selalu menampilkan cara penyampaian yang berbeda. Ya gaya boleh sama, tapi ekspresi harus beda.

Goresan-goresan setiap lukisan akan menampilkan karakter dan imajinasi sang pelukis yang kesemuanya akan dicapai dalam waktu yang tidak sedikit. Goresan itu sendiri nantinya akan menjadi trade mark pelukisnya. Jika di dalam dunia kepolisian juga ada Tim LabFor yang bertugas untuk mengetahui keaslian suatu dokumen, maka tidak demikian dengan lukisan. Hal ini merupakan salah satu bentuk kurang perhatiannya sang seniman lukis akan keberadaan karyanya, sehingga memicu terjadinya pemalsuan lukisan terutama lukisan yang dihasilkan oleh sang maestro.

Keunikan sebuah goresan lukisan memang sangat sulit untuk dinilai secara objektif, karena setiap orang akan memberikan sudut pandang yang beda-beda. Akan tetapi bagi orang yang sudah lama berkecimpung di dunia seni rupa, maka hal tersebut tidak akan menjadikan masalah.

Goresan itu sendiri terkadang tidak original, alias Cuma nyolong gaya goresan pelukis lainya. Sehingga jika anda melihat karya lukisan yang memiliki gaya goresan yang unik, maka jangan langsung memutuskan bahwa itu menjadi salah satu keunikan pelukis yang bersangkutan. Bisa jadi seniman plagiator itu hanya mengambil gaya pelukis yang sudah ada secara sengaja. Namun tidak semua goresan yang sama terjadi secara sengaja, bias saja karena terlalu memuja seniman favoritnya maka ia menjadi terbawa teknik goresannya.

Proses terjadinya goresan itu sendiri juga memerlukan waktu yang tidak sebentar. Seperti halnya jika anda memiliki tanda tangan, maka anda akan melalui berbagai macam tanda tangan dari anda SD sampai akhirnya menemukan bentuk tanda tangan yang sesuai hingga dipakai selamanya.

Pelukis yang sudah memiliki goresan pribadinya, maka dia sudah mencapai tahapan puas pada dirinya, di mana goresan itu menjadikan suatu stempel yang akan dikenang sepanjang masa. Sehingga jika kita melihat lukisan ekspresionist kenapa harganya terjkadang jauh lebih mahal daripada lukisan realis, karena jika merunut proses pembuatan lukisan itu sendiri maka anda akan menyadari bahwa lukisan tersebut dibuat langsung oleh pelukisnya saat ada hasrat dan imajinasi yang muncul untuk kemudian langsung ia tumpahkan dalam media kanvas dan cat. Sehingga suatu lukisan ekspresionis menjadi lebih mahal karena merupakan goresan asli atau pertama dari pelukis itu sendiri tanpa diulangi lagi.

Sebagai saran bagi anda kolektor, sebaiknya anda memilih karya lukisan ekspresionist sebagai sebuah koleksi, karena terkadang akan memberikan keuntungan yang lebih jika dibandingkan anda mengkoleksi lukisan dengan gaya yang lain. Akan tetapi sebelum anda menentukan lukisan yang anda pilih, sebaiknya carilah literature yang banyak akan sebuah lukisan. Ini ditujukan agar anda dapat menemukan apakah karya pelukis ini nantinya akan menjadi sebuah koleksi sepanjang masa atau tidak.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: