CENDAWAN PENDUNG

PUSAT PENGEMBANGAN, PEMBIBITAN & BUDIDAYA JAMUR EDIBLE

KESENIAN KITA HARI INI

Posted by Cendawan Pendung pada 13 Maret 2009


Sedikit Bicara Tentang Diri Kita

Oleh Wendy Deciptra, S.Sn

Salam budaya,

Kesenian sebagai sarana pemersatu dan memisahkan pemisah antar budaya, sehingga ruang pemisah tersebut bisa bergeser kepada arah yang “tanpa batas”. keberagaman kesenian yang kita miliki adalah sebagai kekayaan yang tiada nilainya. Kreatifitas senimanlah yang dituntut disini. Kreatifitas yang dimaksud adalah, ia mampu untuk menciptakan produk budaya lokal ke arena multikulturalisme.

Kreatifitas yang dimiliki jangan sampai terkontaminasi dengan hal-hal yang sama sekali tiada nilainya. seperti tren popularitas yang kosong, yang hanya menjajikan dan menciptakan produk instan.

Sangat menyedihkan ketika hal itu terjadi atau lebih tepatnya baru mulai hadir dan mencari ruang-ruang kosong pada generasi muda untuk menciptakan “virus” kesenian yang hampa. Barangkali kita menduga seperti ini “hanya karena popularitas, mereka rela mengorbankan apa saja” bahkan harga diri. Hal tersebut telah terjadi dan mungkin akan terjadi juga di daerah-daerah seperti Sungai Penuh. Tugas si seniman atau pelaku kesenian barangkali masih berat, tugasnya bukan hanya dipanggung saja, tapi lebih dalam.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: